5 Tips Sederhana Jual Rumah Dengan Harga Masuk Akal

Menjual rumah tidak selalu susah untuk dilakukan. Buktinya, banyak orang yang telah berhasil menjual rumahnya dalam waktu yang cukup cepat. Jika Anda sudah mengerti metodenya, maka Anda tidak akan kesulitan untuk menjual rumah Anda. Untuk dapat menjual rumah dengan cepat, Anda harus mampu menarik respon pembeli. Bagaimanakah caranya?


5 Tips Jual Rumah Cepat Laku

Agar rumah Anda cepat laku terjual, lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Tentukan harga pasaran

Hal pertama yang harus dilakukan agar Anda bisa menjual rumah dengan cepat adalah menentukan harga pasaran rumah. Anda harus mencari harga pasaran dari rumah Anda. Jangan sampai Anda mengambil harga yang terlalu tinggi. Padahal rumah Anda berada di tempat yang tidak strategis atau di pelosok desa. Dalam hal menjual rumah, lokasi memang sangat diperhitungkan oleh calon pembeli.

2. Lakukan Renovasi.

Jika rumah Anda memiliki bagian-bagian yang kurang menarik, Anda bisa melakukan sedikit renovasi. Dengan melakukan renovasi, para pembeli akan lebih tertarik untuk membeli rumah Anda. Betulkan terlebih dahulu genteng yang bocor, perbaiki saluran air, dan jika perlu Anda bisa memberikan warna cat yang baru untuk rumah Anda. Kondisi rumah yang bagus pastinya akan membuat rumah Anda terjual dengan harga yang lebih mahal.


3. Membuat harga yang masuk akal

Ketika Anda sudah mengetahui harga pasaran dari rumah yang akan Anda jual, Anda bisa segera mematok atau menentukan harga untuk rumah Anda. Perhatikan kondisi bangunan rumah, besar rumah, serta luas bangunan dan jumlah ruangan yang dimiliki oleh rumah tersebut. Setelah itu, pikirkanlah kira-kira rumah Anda tersebut terletak di tempat yang mudah dijangkau atau tidak. Patoklah dengan harga yang wajar sehingga pembeli tidak akan ragu untuk menanyakan dan menawar rumah Anda.

4. Pasanglah harga kotor

Meskipun Anda harus membuat harga rumah yang masuk akal, namun Anda juga harus memberikan harga kotor. Harga kotor dimaksudkan untuk biaya-biaya administrasi atau pun biaya lain saat proses jual beli rumah sedang berlangsung. Banyak hal yang harus diurus ketika menjual rumah termasuk jasa notaris yang tidak murah. Jadi, berikanlah jeda harga untuk mengcover semua biaya-biaya tersebut.

5. Jangan jual di musim hujan

Menjual rumah di musim hujan adalah tidak tepat. Akan terdapat banyak sekali kesulitan-kesulitan yang bisa Anda rasakan. Contohnya, renovasi rumah menjadi terhambat. Jika renovasi diteruskan, ini akan membuat rumah Anda terlihat menjadi lebih berantakan. Akan lebih baik bagi Anda untuk menunggu akhir musim hujan tiba agar Anda bisa menjual rumah dengan cepat.

Bersabarlah dalam menjual rumah. Jangan terkesan terburu-buru untuk menjual rumah karena Anda bisa mendapatkan harga yang murah. Jika Anda kesulitan untuk menjual rumah, Anda bisa bekerjasama dengan agen properti. Namun, pilihlah agen properti yang benar-benar kredibel atau terpercaya.