Mahal Nggak Sih Hidup di Medan? Mari Kita Hitung Bersama

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota yang sekaligus menjadi ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini merupakan kota yang memiliki penduduk terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Banyak orang yang merantau di Medan baik untuk bekerja atau pun untuk meneruskan pendidikan. Pasalnya, Medan juga menjadi salah satu kota bisnis dan menjadi pintu gerbang Indonesia bagian Barat.


Banyaknya tempat wisata di Medan, Sumatera Utara membuat banyak orang bertanya-tanya apakah hidup di Medan itu murah atau Mahal. Kota yang menjadi rujukan domisili ini memang cukup strategis untuk membina sebuah keluarga atau pun untuk mendirikan usaha.

Biaya Hidup di Kota Medan

Laju perkembangan ekonomi di kota Medan pun semakin meningkat dari masa ke masa. Biaya hidup di kota Medan rata-rata adalah 5,58 juta rupiah, berbeda jauh dengan Jakarta yang penghasilannya kira-kira 7,5 juta per bulan. Penasaran tentang biaya hidup di kota Medan? Berikut penjelasannya.

1. Biaya makan

Makan adalah kebutuhan pokok semua manusia. Jika Anda menyisihkan waktu untuk memasak sendiri makanan Anda, mungkin Anda bisa menjadi lebih hemat. Namun jika Anda selalu membeli makanan, biaya yang harus Anda keluarkan cukup banyak. Nasi bungkus dengan lauk pauk dihargai 7 hingga 8 ribu rupiah di Kota Medan. Untuk menghemat biaya makan, Anda bisa membeli makanan di warung-warung kecil yang menyediakan harga yang lebih murah.


2. Biaya tempat tinggal

Setelah biaya makan, biaya tempat tinggal juga penting untuk diperhitungkan. Ada banyak tempat yang menyewakan rumah, kos, maupun kontrakan. Dibandingkan dengan mencari rumah sewa, Anda akan lebih mudah menemukan rumah kos atau indekos di kota Medan. Kos memang dinilai menjadi bisnis yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan kontrakan. Harga kos di Medan umumnya mulai dari 500 ribu rupiah. Harga sewa kos tergantung dari lokasi dan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

3. Biaya Transportasi

Salah satu pengeluaran yang seringkali membuat dompet menjadi kering adalah transportasi. Jika Anda memiliki kendaraan sendiri, mungkin Anda akan sedikit lebih hemat. Namun jika tidak, Anda tetap bisa berhemat kok dengan menggunakan kendaraan seperti angkot, bentor, dan becak.

Di Medan, Angkot menjadi salah satu alat transportasi yang paling murah dan paling sering digunakan oleh masyarakatnya. Pasalnya, ongkos naik angkot di Kota Medan hanyalah 2 ribu hingga 5 ribu rupiah saja untuk sekali jalan. Mau jauh mau dekat, Anda hanya dikenakan tarif segitu saja.

Selain angkot, Anda juga bisa menggunakan bentor atau becak biasa. Bentor atau becak motor memiliki harga yang cukup murah. Anda bisa menyewa becak motor untuk bepergian ke tempat kerja atau pun ke tempat kuliah Anda.

Harga sewa bentor pun cukup murah. Anda bisa membayar bentor sesuai dengan jauh dekatnya tempat tujuan Anda. Transportasi lain yang sering digunakan di kota Medan adalah bus dan kapal laut. Anda bisa menaiki transportasi ini untuk bepergian ke luar kota.

4. Biaya pulsa dan biaya main

Setiap orang pasti membutuhkan pulsa untuk keperluan komunikasi. Hitung saja, biaya pulsa yang Anda keluarkan adalah 100 ribu per bulan. Selanjutnya, biaya main bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan kantong Anda. Medan memiliki banyak sekali tempat wisata yang bagus dan menarik dengan harga tiket masuk yang murah. Asalkan tidak main tiap hari, kantong Anda tetap akan aman.

Jika dihitung, Anda memerlukan biaya kurang lebih 3 juta per bulan. Namun jika Anda bisa menghemat pengeluaran, bisa jadi biaya yang Anda butuhkan kurang dari 3 juta. Sebaliknya, jika Anda merupakan orang yang boros, mungkin Anda akan habis hingga 6 juta per bulannya.