Perbandingan Harga Properti di Sumatera dan Pulau Jawa

Sumatera dan Jawa adalah dua pulau besar yang ada di Tanah Air. Bedanya, Pulau Jawa memiliki penduduk yang lebih padat dibandingkan dengan Sumatera. Namun, Sumatera juga menjadi salah satu Pulau yang cukup maju di Indonesia. Ada kota Medan di Sumatera Utara yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Itulah mengapa harga jual rumah di Medan dan di Jawa tidak jauh berbeda. Namun, untuk daerah Sumatera lainnya, tentu harganya lain lagi.


Bagaimana Perbandingan Harga Rumah di Jawa dan Sumatera?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perbandingan harga properti di Pulau Jawa dan Sumatera memang cukup signifikan. Perbedaan ini cukup mencolok mengingat Jawa merupakan pulau yang paling diminati di Indonesia. Harga rumah dan properti di Jawa dan Sumatera sudah pasti lebih mahal di Jawa.

Mengapa harga rumah dan properti di Jawa dan Sumatera lebih mahal di Jawa?

1. Lokasinya strategis

Pulau Jawa dibilang sebagai tempat tinggal yang paling strategis di Indonesia. Dilihat dari segi pendidikan dan perekonomian, pulau Jawa jelas lebih maju dibandingkan dengan pulau-pulau lain di sekitarnya. Tidak hanya itu, pusat pemerintahan dan pusat bisnis yang besar juga berada di Pulau Jawa.

Dengan demikian, banyak orang berdatangan dari berbagai penjuru untuk mencari pekerjaan atau pun mengenyam pendidikan di Pulau Jawa. Banyaknya penduduk yang berdatangan ke Pulau Jawa membuat kebutuhan akan tempat tinggal menjadi semakin meningkat. Itulah mengapa harga rumah di Jawa menjadi semakin mahal.

Berbeda dengan di Jawa, harga rumah di Sumatera cenderung lebih murah. Jarang sekali perantau yang datang ke Sumatera untuk mencari pekerjaan. Rumah di Sumatera pun terbilang jarang, apalagi di daerah desa. Dengan demikian, harga properti baik tanah maupun rumah di Sumatera menjadi murah.

2. Fasilitas di Pulau Jawa Lebih Lengkap

Fasilitas yang tersedia di Pulau Jawa dan Sumatera jelas sangat berbeda. Anda bisa menemukan kendaraan umum dalam jumlah yang banyak, pusat perbelanjaan, bahkan kampus-kampus Negeri dan Swasta ternama dan terbaik di Indonesia di Pulau Jawa. Faktor tersebut juga menjadi pemicu mengapa harga rumah dan properti di Pulau Jawa menjadi mahal dibandingkan dengan di Sumatera.

3. Taraf kehidupan penduduk di Pulau Jawa Lebih Tinggi

Jika dilihat dari biaya hidup, Sumatera dan Jawa memiliki biaya hidup yang hampir sama. Namun, taraf kehidupan penduduk di Pulau Jawa jauh lebih tinggi dan modern dibandingkan dengan di Pulau Sumatera. Rumah-rumah yang dibangun pun jauh lebih modern di Pulau Jawa. Ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa harga rumah dan tanah di Jawa menjadi melambung tinggi dibandingkan dengan di Pulau Sumatera.

Jika boleh memilih, tentu banyak masyarakat yang memilih untuk tinggal di Pulau Jawa dibandingkan di Pulau Sumatera. Jawa memberikan fasilitas yang begitu lengkap mulai dari pendidikan, transportasi, bahkan hingga pusat hiburan dan perbelanjaan. Namun, penduduk di Jawa kian hari kian padat. Maka, tinggal di Sumatera pun bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda.